Gen Z : generasi wisatawan di masa depan.

 Tidak sedikit perusahaan pariwisata menempatkan Gen Z menjadi pertimbangan target pasar utama mereka. Dikutip dari TravelPerk (platform managemen agen perjalanan) Gen Z menjadi generasi yang memperoleh nilai tertinggi yaitu 72% yang memiliki rencana liburan besar besaran untuk akhir tahun 2022 lalu.

 Rela mengeluarkan uang dalam jumlah besar demi mendapatkan pengalaman perjalanan yang menyenangkan, menyebabkan 65% Gen Z menilai jika melakukan perjalanan untuk berlibur adalah cara paling penting dalam membelanjakan uang mereka. 

 Icha Rahmalia (22) “ Ngeluarin uang buat traveling itu layak banget menurutku, bayangin aja kita sebulan kerja keras buat dapetin uang, dan sudah semestinya kalau uangnya buat nyenengin diri kita dengan pergi jalan jalan. Apalagi ke tempat yang udah jadi wishlist dari dulu ” 

Setelah melewati satu tahun yang melelahkan, akhir tahun menjadi waktu yang sangat ditunggu bagi sebagian orang untuk melakukan perjalanan. Seperti ujar Dinda Pratiwi (24) “ Rencana liburan buat akhir tahun banyak banget, Mulai dari rencana liburan dari temen sampai keluarga. Lengkap, ada semuanya. pusing juga kalau dipikir pikir, tapi  gapapa kapan lagi dapet momen kaya gini. karena uang bisa dicari, liburan akhir tahun kapan lagi.”

Selama merasa puas dengan pengalaman yang didapatkan, uang tak lagi menjadi pengahalang. Maka diperlukan kemampuan dalam mengelola uang dengan baik dalam diri Generasi Z, sehingga dapat memisahkan antara uang untuk menabung dan bersenang senang.

Seperti kata Nhellam Anggi (22) “ Sering travelling gak jadi masalah sebenernya, tergantung orangnya masing masing sih. Kalau dia mampu bedain mana uang buat kebutuhan dan mana uang buat refreshing ya bagus bagus aja. Karena prioritas orang itu beda beda, gak bisa disamain.”

 Menurut platform Oaky, Gen Z memiliki anggaran berlibur yang relatif sedikit. Tetapi mereka suka pergi ke tempat yang memiliki nilai lebih menantang, explore destinasi terbaru, dan teknologi serta sosial media berperan besar dalam perencanaan liburan mereka.

Nhellam Anggi (22) “ Sosmed itu bantu banget, mulai dari searching destinasi yang mau dituju, booking hotel, nentuin akomodasi juga kadang. Di sosmed juga banyak promo, jadi lebih hemat kalau manfaatin sosmed buat rencana liburan.“ 

Sosmed memang suatu hal yang tidak dapat dipisahkan oleh kebanyakan orang terutama pada Gen Z, 
memanfaatkan seluruh fitur yang berguna adalah hal yang harus dilakukan. Mengutip dari penelitian Booking.com, sebagian besar traveler yang berasal dari Gen Z (1995-2015) terbiasa menggunakan Instagram sebagai sumber inspirasi traveling mereka. 

Influencer yang menjadi faktor kuat dalam mendukung Gen Z mencari inspirasi dalam merencanakan liburan, banyaknya variasi fitur di instagram yang membuat para influencer sering membagikan foto hingga vidio, tak jarang juga mereka memberikan informasi seputar akomodasi, saran, hingga rincian biaya yang dibutuhkan sehingga banyak orang yang terbantu dan merasa tertarik berkunjung juga. 

 

NIBRAS SAFI SABRINA

2023U 

Comments